Senin, 09 Januari 2012

Jawaban Laporan Akhir Internet Dasar

1) Berikan 1 paragraf tentang jevuska
2) Sebutkan 7 cara efektif penggunaan search engine
3) Sebutkan 7 produk yahoo
JAWABAN
1) Jevuska itu merupakan artikel kedokteran, blog, Social Media, Tutorial dan Berita. RACHMANUDDIN Yahya adalah seorang desainer grafis dan web 28 tahun dan mahasiswa di Universitas Hasanuddin Makassar. Anda mungkin tahu beberapa dari karya-karyanya dari situs lain dan masyarakat di mana ia mengidentifikasi dirinya sebagai Jevuska.

Dia terkenal karena desain banner nya, template blogspot, wordpress theme (di bawah portofolio: Blogger Template) dan bekerja di bawah perusahaan Grup AstaMedia.

Mengapa Jevuska? Nama berasal dari Bahasa Rusian "Krasivaya Jevuska" dan seperti yang Anda lihat, itu sudah digunakan ribuan kali di Internet. Itulah motif mengapa saya menggunakannya dengan cara yang tidak pernah digunakan sebelumnya, sehingga saya dapat memiliki ID yang unik pada semua layanan web dan situs. Di mana pun Anda melihat Jevuska ID, itulah aku, Jevuska.


2) 1. Gunakan search engine yang tepat.
Sebagian search engine saat ini, lebih banyak menampilkan iklan daripada hasil pencarian yang sesungguhnya. Disamping itu, banyak pula pengelola situs search engine yang kolaps, dan tidak lagi mengupdate databasenya. Untuk saat ini, Google (www.google.com) dan Yahoo (www.yahoo.com) merupakan pilihan yang paling terpercaya.
2. Jangan gunakan keyword yang terlalu umum.
Bayangkan, berapa banyak hasil pencarian yang akan diperoleh apabila hanya memasukkan kata kunci (gitar) dalam mesin pencari. Akan berbeda hasilnya apabila hanya menggunakan kata kunci berupa gitar dari jenis ataupun merek tertentu.
3. Masukkan keyword secara singkat namun jelas.
Banyak orang memasukkan kata kunci yang berderet-deret sehingga mengacaukan hasil pencarian. Menuliskan kata kunci seperti biography of rider Valentino Rossi, akan mengeluarkan setumpuk halaman yang sama sekali tidak berhubungan dengan apa yang dicari dibandingkan dengan keyword yang lebih sederhana, misalnya Rossi biography. Disamping itu, perhatikan ejaan dari kata kunci yang dimasukkan. Kesalahan ejaan pada kata kunci dapat menyebabkan hasil yang akan diperoleh jauh dari harapan.
4. Gunakan operator Boolean.
Kata kunci “AND”, “OR”, “NOT”, dengan kombinasinya akan sangat membantu menemukan situs-situs yang lebih spesifik. Misalnya pada keyword Rossi AND biography NOT motogp akan membawa anda ke halaman yang membahas tentang biografi Valentino Rossi dan menghindari masuknya halaman tentang race motogp dengan nama yang sama pada hasil pencarian tersebut.
5. Gunakan tanda kutip untuk satu frase utuh.
Beberapa search engine mensyaratkan penggunaan tanda kutip untuk menunjukkan satu frase kalimat. Misalnya, penggunaan kata kunci Rossi Biography dengan “Rossi Biography” akan memberikan keluaran yang berbeda. Kata kunci yang diapit oleh tanda kutip juga dapat dikombinasikan dengan operator Boolean untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik, misalnya “Rossi Biography” AND launch.
6. Manfaatkan fitur khusus dari search engine anda.
Beberapa search engine tidak hanya menyediakan fasilitas untuk pencarian artikel, namun juga file-file multimedia seperti gambar, MP3, dan bahkan rekaman video. Sementara itu, search engine semacam MetaCrawler (www.metacrawler.com) mengirimkan perintah pencarian ke beberapa search engine sekaligus dan menampilkan hasilnya dalam satu halaman. Anda dapat mempelajari fitur-fitur khusus pada search engine favorit anda untuk mengeksploitasi penggunaannya secara maksimal.
7. Gunakan fungsi “Find” pada browser.
Ketika search engine menampilkan halamantertentu, belum tentu akan langsung ditemukan apa yang sebenarnya dicari. Anggaplah upaya pencarian biografi Valentino Rossi yang dilakukan membawa anda ke halaman Apa dan Siapa di bagian motogp pada situs ini. Jangan lantas kebingungan dulu ketika di halaman ini anda tidak menemukan artikel yang anda cari. Gunakan fungsi “Find” [Ctrl-F] pada browser anda dan ketikkan /Rossi/. Nah, kini anda bisa membaca artikel tentang Valentino Rossi yang anda cari-cari itu.


3) 1.Yahoo Mail
Yahoo Mail merupakan layanan e-mail milik Yahoo! Layanan ini digunakan oleh hampir 80% pengguna internet di seluruh dunia karena kemudahannya. Itu menurut saya.

2.Yahoo! News
Yahoo! merupakan situs direktori berita terbesar di dunia. Di website ini kita bisa mendapatkan informasi tentang Berita Dunia (Nasional dan Internasional), Politik, Olah Raga, Ekonomi dan Entertaiment.

3.Flickr
Flickr merupakan Layanan Image Hosting terbesar di Dunia selain ImageShack dan Photobucket. Flickr memiliki tampilan yang tidak terlalu rumit dan penggunaannya yang mudah, tidak seperti yang lainnya.

4.Pandora
Pandora merupakan layanan Musik Streaming / Musik Online terbesar di dunia. Website ini merupakan salah satu website yang telah mengubah kehidupan manusia dalam mendengarkan musik / bisa disebut sebagai Nenek Moyangnya Musik Streaming.

5.Yahoo! Answer
Merupakan perpaduan antara Mesin Pencari dengan Forum. Yahoo! Answer memudahkan kita dalam mencari pertanyaan dan solusi di internet.

6.Yahoo Bookmark
Yahoo Bookmark itu terdiri dari Yahoo Bookmark, Delicious dan Yahoo Buzz. Ketiga layanan tersebut merupakan website sosial bookmarking yang berisikan berita-berita / informasi-informasi terkini dan terupdate.

7.Yahoo! OMG (Oh My God)
Yahoo! OMG merupakan Direktori Berita yang berisikan Berita tentang Gosip-gosip Para Artis (Nasional dan Internasional) dan Berita Tentang Dunia Entertaiment, Film dan Musik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar