Minggu, 25 November 2012

Rangkuman BAB 9 : Dasar - dasar Pemrosesan Komputer


Pendahuluan
Meskipun komputer sekarang ini sangat berbeda dengan model awalnya, semua komputer mencerminkan arsitektur dasar yang sama. Diagram yang menggambarkan arsitektur ini disebut skema komputer (computer schematic).
Para pemakai menyukai output yang di tampilkan, tetapi dokumen tercetak dapat dibuat oleh beragam printer dan plotter. Output yang lebih khusus tersedia dalam bentuk respon audio dan microform.
Satu alasan untuk kepopuleran end-user computing adalah banyaknya perangkat lunak alikasi yang memudahkan pemakai (user-friendly). Kemudahan bagi pemakai ini dicapai malalui teknik-teknik seperti panduan dialog (guided dialogue).
Akurasi pemrosesan komputer sangat tergantung pada kualitas data input. kesalahan input dapat dikurangi tapi tidak dapat di hilangkan seluruhnya dengan menyatukan pencegahan, pendeteksian dan perbaikan kesalahan ke dalam rancangan sistem.

Komputer Sebagai Elemen Dalam Sistem Informasi
Komputer ada dalam berbagai ukuran. Komputer besar disebut mainframe, dan telah ada sejak awal. Mainframe adalah tulang punggung pengolahan data di organisasi besar seperti pemerintahan dan perusahaan - perusahaan Fortune 500. Mainframe yang lebih besar dan penih daya adalah super computer. Super computer begitu penuh daya sehingga hanya berada di organisasi - organisasi yang sangat besar, dan terutama digunakan untuk perhitungan ilmiah.
Namun kecenderungan belakangan ini mengarah pada komputer yang lebih kecil. Pada tahun 1970-an, trend ini dimulai dengan komputer mini, Komputer ini lebih kecil dari mainframe tetapi dalam banyak hal melampaui kinerja unit yang lebih besar.
Komputer mini diterima dengan sangat baik sehingga pembuat komputer memproduksi rancangan yang lebih kecil, yang disebut komputer mikro (microcomputer). Sebagian besar sirkuit utama komputer mikro berbentuk silicon intergrated circuit cip, yang lebih kecil dari kuku anda, chip ini disebut microprocessor.
Kemudian ada pula komputer laptop, notebook, dan palmtop. ini merupakan PC yang lebih kecil yang bertenaga baterai. Berat laptop sekita emmpat kilogram, dan notebook sekitar dua hingga tiga kilogram. Palmtop bahkan lebih ringan, yang terberat sekitar 1,5 kilogram.

Arsitektur Komputer


Gambar di atas adalah sbuah diagram unit dasar yang terdapat dalam semua komputer. Diagram itu disebut skema komputer (computer schematic) dan telah ada sejak awal masa komputer. Unit - unit komputer yang disebut perangkat keras (hardware), biasanya dikemas dalam sebuah kotak tersendiri dan dihubungkan dengan kabel - kabel elektris. Arus data melalui sistem digambarkan oleh panah - panah dalam gambar.
Unit yang paling penting adalah central processing unit (CPU). yang mengendalikan semua unit sistem komputer lain dan mengubah input menjadi output. CPU mencakup suatu unit penyimpanan yang disebut penyimpanan primer (primary storage), biasanya disebut main memory. Primary storage berisi data yang diolah dan program, yaitu suatu daftar intruksi yang mengolah data. Istilah perangkat lunak (software) digunakan unuk menggambarkan satu atau beberapa program.
Satu atau beberapa unit input memasukkan data ke dalam penyimpanan primer. Karena penyimpanan primer kapasitasnya terbatas, diperlukan area penyimpanan tambahan, yang disebut penyimpanan sekunder. Penyimpanan sekunder menyediakan tempat untuk menyimpan dan data ketika tidak digunakan. Program yang disimpan disebut koleksi perangkat lunak (software lunak) dan data yang disimpan disebut database.

Penyimpanan Primer
Komputer pertama menggunakan magnetic drum dan magnetic core untuk penyimpanan primer. Core ini merupakan potongan - potongan material program kecil berbentuk donat seukuran kepala jarum yang mudah dimagnet.

Bit dan Byte
Sekarang kapasitas penyimpanan integrated circuit diukur dalam megabit (Mb), atau jutaan bit data. satu bit adalah posisi penyimpanan elektronik, yaitu nyala atau mati, dan kombinasi dari bit tersebut membentuk satu byte, atau satu karakter.
Istilah kilobyte (disingkat KB) digunakan untuk menggambarkan 1.000 byte. Sebenarnya, karena cara pembuatan integrated circuit, satu kilobyte adalah 1.024 byte. Demikian pula, satu megabyte, atau MB bukanlah 1 juta byte, tetapi 1.024 kali 1.024, atau 1.048.576 byte.

Random Access Memory
Ketika membaca literatur komputer mikro, Anda mungkin menenmui istilah RAM dan ROM. RAM adalah singkatan untuk random access memory dan merupakan nama yang diberikan pada integrated circuit yang berfungsi sebagai bagian penyimpanan primer yang digunakan untuk menyimpan perangkat lunak dan data.

Read-Only Memory
Jenis khusus dari penyimpanan primer dapat dibaca tetapi tidak dapat ditulisi. Jenis ini disebut ROM, read-only memory. Pembuat komputer menggunakan ROM untuk menyimpan material seperti instruksi - instruksi yang memberitahukan komputer apa yang harus dilakukannya saat dinyalakan. ROM bersifat tidak mudah hilang.

Cache Memory
Perpindahan instruksi program dan data antara penyimpanan primer dan processor (unit pengendali dan ALU) dicapai pada kecepatan yang sangat tinggi. Operasi itu hanya membutuhkan 50 nanosecond. Satu nanosecond adalah satu per miliar dari satu detik.

Keyboard
Unit input yang paling populer adalah keyboard dari terminal atau komputer mikro. Keyboard memungkinkan anda memasukkan data dengan menekan tombol - tombol yang tepat. Mirip mesin tik, sebagian besar keyboard komputer dilengkapi dengan sejumlah tombol tambahan. Contohnya adalah numeric keypad, yaitu tombol - tombol yang diatur dengan pola yang sama seperti kalkulator saku untuk memudahkan memasukkan data angka.

Perangkat Lunak
Komputer diarahkan untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu dengan mengikuti instruksi - instruksi dalam program tersebut. Program tersebut harus berada di dalam penyimpanan primer sebelum CPU dapat melaksanakannya.

Perangkat Lunak Sistem
Perangkat lunak sistem (system software) melaksanakan tugas - tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai komputer. Tugas ini berhubungan dengan perangkat keras, dan bukan aplikasi yang dilaksanakan perusahaaan.

Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi (application software) memproses data perusahaan. perangkat lunak itu dapat diperoleh dngan dua cara yaitu, membuat program sendiri (custom programming) atau membeli paket jadi (prewritten package).

Sistem Operasi
Sistem operasi mengelola proses komputer, berfungsi sebagai interface perangkat keras. Contoh sistem operasi untuk komputer yang lebih kecil adalah DOS (disk operating system), UNIX, Windows 95, dan OS/2 Warp.

Program Utility
Program utility atau sering hanya disebut utility , adalah suatu routine yang memungkinkan pemakai untuk melaksanakan operasi pemrosesam data dasar tertentu yang tidak unik pada satu aplikasi pemakai tertentu. Utility memungkinkan pemakai untuk meng-copy file, menghapus file, mengurutkan isi file, menggabungkan dua file atau lebih.

Penerjemah Bahasa
Perangkat keras komputer telah berkembang melalui beberapa generasi. Pada generasi pertama, sirkuit elektroniknya merupakan tabung hampa (vacum tube). Generasi kedua dan ketiga menggunakan integrated secret. Setelah titik itu generasi - generasi berikutnya kurang terlihat bedanya.

Peran Perangkat Lunak dalam Pemecahan Masalah
Seperti halnya perangkat keras, perangkat lunak dapat berperan langsung atau tidak langsung dalam pemecahan masalah, [erangkat lunak sistem, karena tidak dibuat untuk operasi tertentu dari pemakai, selalu berperan tidak langsung.
Perangkat lunak aplikasinya, sebaliknya, dapat berperan langsung atau tidak langsung. Sebagian besar paket aplikasi bisnis umum dan khusus industri dirancang untuk berperan tidak langsung dengan menciptakan dan menagani database yang menjadi dasar subsistem CBIS yang berorientasi informasi. Sebagian perangkat lunak aplikasi untuk meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan hanya berpengaruh tidak langsung terhadap pemecahan masalah, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisi data. Namun, peringkat lunak produktivitas lain seperti spreadsheet elektronik, paket analisis statistik dan peramalan, sertta manajemen proyek memberikan dukunagna langsung.

Langkah - langkah dalam Mengembangkan Sistem Multimedia
Para pakar multimedia menyadari tantangan - tantangan unik dalam pengembangan sistem, dan gambar dibawah ini adalah bagan arus dari proses tersebut



1. Mendefinisikan masalah, Analisis sistem mengidentifikasi kebutuhan pemakai dan menentukan bahwa solusi tersebut memerlukan multimedia.

2. Merancang konsep, Analisis sistem dan pemakai, mungkin bekerja sama dengan professional komunikasi seperti dengan produser, sutradara, dan teknisi video terlibat dalam rancangan konsep dengan menentukan pesan keseluruhan urutan - urutan utama.

3. Meraqncang isi, Pengembang terlibat dalam rancang isi dengan menyiapkan spesifikasi aplikasi yang rinci.

4. Menulis naskah, Dialog dan semua elemen rinci dari urutan - urutan di tentukan
5. Merancang grafik, Dipilih grafik yang mendukung dialog, Set atau perlengkapan yang diperlukan dalam video yang dirancang.

REFERENSI
1. Untuk gambar ada di google
2. Buku Sistem Informasi Manajemen karya Raymond McLeod.Jr jilid 1

Sumber : Buku Sistem Informasi Manajemen karya Raymond McLeod.Jr.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar